Kiat Sukses Membangun Usaha Laundry Kiloan Di Indonesia

usaha laundry menjadi salah satu peluang usaha yang cukup diminati karena kemudahan dalam proses pengerjaan dan manajemen keuanganya

Peluang bisnis dari usaha laundry kiloan memang cukup menggiurkan. Dengan modal yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan, usaha laundry kiloan bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Peluang usaha laundry kiloan memang cukup menjanjikan, lantaran merupakan kebutuhan rumah tangga yang cukup krusial, setelah makanan.

Pertumbuhan usaha laundry kiloan baru terjadi empat lima tahun belakangan lantaran berbagai faktor. Misalnya, kesibukan masyarakat perkotaan yang menginginkan efisiensi dan kepraktisan dalam mencuci dan menyeterika pakaiannya, gaji pembantu rumah tangga yang kian tinggi, hingga mereka memilih menggunakan jasa laundry kiloan.

Begitu besarnya peluang dari usaha laundry kiloan, membuat bisnis ini kian berkembang.  Apa saja yang harus dilakukan untuk membangun usaha laundry kiloan agar sukses?

Secara garis besar, untuk menjalani usaha laundry kiloan ini sebenarnya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan membangun sistem sendiri dan membangun usaha lewat sistem waralaba. Menurut Indra Prasetya Hartanto, yang sukses membangun usaha laundry kiloan lewat bendera CuciMari, membangun usaha laundry kiloan dengan sistem sendiri jauh menguntungkan. Alasannya, bisa mengkostumisasi atau menyesuaikan dengan keinginan, pun dengan modal yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Pria yang dahulu berkarier cemerlang di Bank Pemerintah ini menuturkan, saat memulai usahanya dia mengeluarkan modal awal 35-40 juta rupiah yang digunakannya untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, setrika listrik, bahan-bahan kimia untuk mencuci, peralatan pelengkap hingga sewa tempat. Di tahun pertama usahanya, Indra mengeluarkan modal hingga 80 juta rupiah, termasuk untuk cadangan keuangan operasional usaha hingga di tahun pertama.

Pemilihan lokasi yang tepat memang menjadi kunci utama dalam menjalankan usaha laundry kiloan. Indra berkisah, di Depok, tempatnya membuka usaha saja, dalam rentang jarak satu kilometer, terdapat tujuh sampai sepuluh pelaku usaha laundry kiloan. Untuk meraih kepercayaan konsumen, pelayanan terbaik tentu menjadi andalannya. “ Yang menjadi kunci dari usaha laundry kiloan itu adalah kepercayaan konsumen, semakin besar kepercayaan yang didapat, semakin besar order yang akan diraih,” jelas pria kelahiran 9 Mei 1982 ini.

Untuk memperbesar usahanya, Indra giat melakukan promosi dengan berbagai cara. Mulai dari promosi di social media, hingga promosi dengan menyebarkan flyer atau brosur. Usahanya pun tak sia-sia, kini minimal 1,5 ton pakaian serta jasa cuci minimal 300 potong berhasil diraihnya. “Promosi tak harus berlebihan, yang penting dapatkan kepercayaan dari konsumen,” jelas ayah dua anak ini.

Dalam menjalani usaha laundry kiloan ini, menurut Indra ada sejumlah hal yang tidak boleh dilupakan dan menjadi pegangan dalam menjalankan usahanya, yaitu :

  1. Menetapkan standar layanan karena setiap pelanggan memiliki persepsi berbeda tentang standar layanan.
  2. Mencari konsumen baru lantaran ketatnya persaingan dengan competitor.
  3. Mendapatkan kepercayaan konsumen.
  4. Selalu berinovasi dalam menyempurnakan layanan
  5. Tekun dan bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik.

Selain pelayanan terbaik dan menjaga kepercayaan pelanggan, salah satu hal penting yang sangat menunjang dalam jasa laundry kiloan adalah sumber daya manusia yang menjalankan usaha ini, atau dalam hal ini karyawan. Dalam mencari karyawan, Indra lebih memilih karyawan yang memiliki kemauan besar untuk bekerja dan memiliki kemampuan dasar mencuci dan menyetrika, yang ditunjang kemampuan mengendarai kendaraan roda dua, atau motor, lantaran seringkali pelanggan meminta agar cuciannya diambil di lokasi yang diinginkannya.

Saat menerima karyawan, Indra akan memberi pelatihan tentang bagaimana mencuci, melipat baju dan memastikan pakaian antara pelanggan yang satu dengan yang lain tidak tertukar. Adalah kewajiban pengusaha untuk memberi tuntutan, standar operasi yang jelas dalam menjalankan pekerjaan.

Dalam menjalankan usaha laundry kiloan, pengusahanya dituntut harus konsisten dengan kualitas. Dan yang terpenting mau dan selalu mendengarkan konsumen untuk perbaikan layanan. Bagi anda yang tertarik untuk membangun usaha laundry kiloan, Indra memberi saran agar jangan takut memulai dan harus menyiapkan mental menghadapi konsumen serta karyawan yang beragam tingkahnya

Silahkan Share Dan Semoga Bermanfaat

    Leave a Comment