Jenis-Jenis Kain yang sering kita gunakan dan manfaat pembuatanya

Salah satu bahan pokok yang sering kita gunakan sehari-hari adalah

  • Bahan Wol

Bahan wol merupakan bahan yang terbuat dari bulu domba. Bahannya sangat halus dan lembut. Biasanya bahan wol digunakan sebagai bahan pembuatan dress, jaket, sweater atau syal. Bahan ini sangat hangat digunakan dan sangat cocok digunakan saat cuaca dingin.

  • Bahan Denim

Bahan denim atau bahan jeans sering digunakan untuk pembuatan jaket dan celana. Selain itu bahan denim ternyata juga bisa digunakan untuk bahan pembuatan dress. Bahan denim ini jika dipakai akan terasa dingin dan tidak gerah. Bahan denim ini sangat cocok digunakan untuk acara santai, casual bisa juga untuk acara formal. Bahan denim atau jeans ini juga sangat di cintai semua kalangan, terutama kalangan anak muda.

  • Bahan Katun

Bahan katun adalah salah satu jenis kain yang terbuat dari serat  kapas. Dan bahan katun ini terkenal dengan bahan yang dingin saat di kenakan, menyerap keringat dan mudah di rawat. Sehingga bahan katun ini digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat baju, dress & gaun.  Karena bahan katun atau cotton ini terbuat dari serat kapas alami, bahan katun ini bersifat sangat tebal sehingga baju dengan bahan katun ini akan sangat nyaman di pakai dan kualitas dari bahan katun ini sangat bagus.

  • Bahan Satin

Bahan satin adalah bahan yang terkenal sebagai bahan yang permukaannya mengkilap, licin dan halus namun bagian dalamnya tidak. Selain untuk dress, bahan satin ini sering digunakan untuk membuat pakaian seperti gaun pengantin, gaun pesta, dan lain sebagainya. Kilap dari bahan satin ini berasal dari bahan sutra yang digunakan. Selain itu kain satin menggunakan jenis fiber lain yaitu seperti polyester, nilon, rayon.

  • Bahan Spandex

Bahan spandex merupakan bahan yang berbahan sutra sehingga bahannya sangat halus dan lembut saat digunakan. Selain itu, bahan spandex bersifat elastis, kuat dan memiliki ketahanan gosokan yang tinggi. Bahan ini sangat cocok digunakan untuk baju apa saja terutama untuk dress akan sangat nyaman menggunakan dress dengan bahan spandex ini.

  • Bahan Drill

Bahan drill merupakan jenis kainyang cenderung halus dan lembut serta dingin. Kain drill mempunyai tekstur berupa garis miring pada dua sisi bahannya dan kain drill ini sangat tebal. Berdasarkan besar kecilnya serat, kain drill dibagi menjadi 3 jenis yaitu kain local drill atau kain drill beserat kecil, kain American drill atau kain drill serat sedang, kain japan drill atau kain drill serat besar. Komposisi dari kain drill ini adalah campuran antara katun dan polyester. Semakin banyak kandungan katunnya maka harga kain drill semakin mahal. Jenis kain drill yang memiliki komposisi katunnya lebih banyak adalah jenis kain Japan Drill. Kain drill sangat cocok untuk seragam lapangan (outdoor) karena desain dari kain drill yang kuat tebal dengan rajutan yang lebih kokoh sehingga memiliki tingkat keawetan lebih baik dan sesuai untuk pakaian safety bila digunakan untuk melakukan pekerjaan luar lapangan yang menuntut tingkat keaktifan lebih tinggi.

  • Kain Flanel

Kain flanel merupakan jenis bahan yang memiliki permukaan lembut dan halus karena dibuat melalui serangkaian proses pemanasan dan penguapan. Bahan kain flanel sendiri memiliki karakteristik yang cukup tebal sehingga mampu memberikan rasa hangat kepada pemakainya.

  • Bahan Linen

Bahan ini seperti bahan katun memiliki serat yang lebih kuat, bahan ini sangat cocok untuk dress. Dress dengan bahan linen ini terlihat lebih kaku dan mudah kusut. Tapi bahan linen ini sangat dingin, menyerap keringat, dan sangat nyaman di pakai.

Silahkan Share Dan Semoga Bermanfaat

    Leave a Comment