Peluang Usaha, Waralaba/Franchise Laundry Sepatu dan Tas

Peluang Usaha / Waralaba laundry sepatu yang peminatnya masih sepi, namun memiliki jumlah konsumen yang tidak jauh berbeda dengan laundry pakaian, usaha laundry sepatu yang saat ini sedang naik daun hanya ada beberapa, di antaranya adalah

  • The Clean Bar
  • Shoes and Care
  • Shoebible
  • SOC Clean
  • Mysolecase

Banyak alasan mengapa orang enggan untuk memulai berbisnis. Salah satu yang paling sering kita dengar pastinya adalah soal modal yang tidak mencukupi. Tapi selain itu, ada hal lain yang menjadi pemicu orang tidak ingin berbisnis, yaitu belum menemukan ide usaha yang tepat untuk mereka jalani. Kabanyakan orang memilih bisnis hanya dari mengikuti apa yang orang lain jalankan. Dengan hanya melihat kesuksesan yang orang lain rasakan, akhirnya mendorong pengusaha baru tersebut mengikuti jejak mereka. Namun sayangnya karena tidak adanya strategi dan banyak pesaing membuat bisnis yang baru dijalankan itu malah gulung tikar. Tentu hal ini tidak mau terjadi pada Anda bukan?

Nah maka dari itu, selain tidak boleh asal comot ide bisnis, Anda juga perlu mematangkan rencana bisnis agar lebih memiliki peluang keberhasilan yang besar. Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana mendapatkan ide usaha yang berpeluang besar? Anda bisa tentukan berdasarkan tren atau apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Saat ini tren koleksi sepatu sneakers dan running mulai berkembang di tengah kalangan anak muda. Jika dulu merek sepatu seperti, Convers, Vans, Nike dan Adidas tidak terlalu banyak dipakai, kini hampir semua anak muda di mall atau tempat nongkrong menggunakan sepatu dengan merek-merek tersebut. Tren ini bisa Anda jadikan peluang usaha, tapi bukan menjual sepatunya, melainkan membuka usaha laundry sepatu.

Bagaimana peluang usaha laundry Sepatu?

Dahulu sol sepatu adalah bisnis jasa perawatan sepatu satu-satunya yang kita kenal. Kini berkat adanya tren tersebut, jasa reparasi dan laundry sepatu mulai banyak dicari orang. Menyadari harga belinya yang tidak murah, hampir semua kolektor sepatu menginginkan perawatan khusus untuk menjaga kondisi sepatu miliknya. Tidak hanya itu, salah satu pengusaha Show & Care, Tirta Mandira Hudhi mengatakan banyak juga pelanggan yang menggunakan jasa ini untuk merekatkan kembali bagian midsole atau outsole sepatu yang lepas.

Usaha laundry sepatu ini termasuk usaha yang long term, artinya tidak akan pernah mati selama kebutuhan orang terhadap sepatu semakin meningkat. Tapi biasnaya pada saat mendekati hari raya besar seperti lebaran bisanya pelanggan akan lebih banyak. Hal ini disebabkan karena budaya orang Indonesia yang masih kental yaitu membeli baju dan sepatu baru pada saat lebaran. Bagi sebagian orang yang tidak sempat membeli atau tidak mampu membeli sepatu baru pasti banyak yang memutuskan mencari jasa ini untuk menyulap sepatu lamanya terlihat seperti baru.

Tips Memulai Usaha Laundry Sepatu

Memulai bisnis ini tidak hanya modal yang dibutuhkan, tapi juga keahlian dan juga pengetahuan mengenai peralatan-peralatan shoe & care. Namanya merawat warna sepatu Anda tidak bisa menggunakan sikat dan sabun colek untuk mencucinya. Sabun dan sikat yang digunakan pasti khusus dan disesuaikan dengan bahannya. Misalnya untuk bahan kulit suede, ada deterjen khsusus untuk bahan tersebut dan bisanya mengandung cuka untuk menghilangkan noda.

Selain cairan/deterjen dan sikat, mesin pengering pun juga diperlukan. Karena tidak semua sepatu cocok dikeringkan di bawah sinar matahari langsung. Bahkan di antaranya cara pengiringan ini malah membuat warna semakin pudar untuk itu diperlukan alat pembantu ini.

Agar Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai cara perawatan ini, maka sebelum memulai bisnis sebaiknya ikutilah pelatihan shoe cleaning terlebih dahulu. Pelatihan keahlian ini tidak hanya mengajarkan Anda cara perawatan yang tepat pada sepatu tapi juga memberikan Anda informasi mengenai apa-apa saja peralatan yang diperlukan demi memberikan pelayanan maksimal ke pelanggan Anda nantinya.

Keuntungan Usaha Laundry Sepatu

Di Indonesia banyak nama pengusaha sukses yang menggeluti usaha laundry sepatu ini. Sebut saja Tirta Mandira Hudhi, pemilik sekaligus pengurus bisnis Shoes and Care (SAC) yang berdomisili di Yogyakarta. Melalui bisnis yang dijalankannya ini ia menawarkan beberapa paket perawatan sepatu kepada pelanggan, yaitu Cleaning, special treatment, unyellowing package, depp cleaning untuk sepatu wanita, reglue & Repair, Repaint, Leather Care dan beberapa perawatan untuk snapback (topi). Paketnya ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 150 ribu.

Bisa dibayangkan bukan keuntungan yang didapatkan bila dalam sehari bisa menerima lebih dari 20 pasang sepatu? Kemungkinan dalam sehari profit yang bisa dikantongi oleh para pebisnis ini mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 3 juta. Melihat perkiraan keuntungan yang lumayan besar itulah, maka banyak pelaku usaha yang memberanikan diri untuk memberikan penawarkan kerja sama atau bisnis kemitraan untuk calon pelaku usaha yang ingin terjun ke bisnis ini. Investasinya pun beragam, ada yang menawarkan kemitraan premium dan ada juga yang ekslusif.  Kalau Anda berniat memulai bisnis ini dengan menjadi mitra usaha, berikut ini waralaba bisnis laundry sepatu yang kami rekomendasikan.

waralaba laundry sepatu dan tas,waralaba cuci sepatu,waralaba cuci sepatu murah,franchise laundry sepatu dan tas,franchise laundry sepatu jakarta,franchise laundry sepatu tas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *