Cara Membersihkan Sepatu Kulit Dengan Mudah dan Benar

Sepatu kulit merupakan salah satu kebutuhan utama dalam hal penampilan, khususnya untuk pria dewasa. Selain untuk melindungi kaki kita dari debu dan kotoran, sepatu adalah salah satu aspek penting untuk menyempurnakan penampilan seseorang. Sepatu kulit yang kita pakai juga melambangkan karakter dan jati diri seseorang.

Sesuai dengan fungsinya, sepatu kulit untuk melindungi kaki kita dan sebagai alas kaki untuk berjalan, tentunya akan banyak melalui berbagai medan serta terkena noda jalanan seperti debu, pasir dan tanah yang menempel pada sepatu. Untuk itu kita perlu melakukan pembersihan rutin agar sepatu kita tetap awet dan terlihat bagus.

Nah, kalau sepatu kulit milikmu selalu tampak bagus, kamu juga selalu tampil keren bukan? Namun untuk membersihkan sepatu kulit itu tidak tidak boleh sembarangan. Ada tips khusus serta alat khusus yang digunakan untuk membersihkan sepatu kulit agar tetap awet dan tidak merusaknnya.

Berikut ini informasi dan teknik-teknik untuk cara membersihkan sepatu kulit kamu agar tetap bersih dan awet.

Sepatu memang mudah kotor karena memang fungsinya untuk melindungi kaki dan jika Anda ingin tahu bagaimana cara mencuci sepatu kulit beberapa tips berikut mungkin sangat membantu.

  • Ketika Anda memutuskan untuk mencuci sepatu kulit jangan lakukan seperti layaknya Anda mencuci sepatu lainnya yaitu dengan cara merendamnya di dalam baskom yang berisi detegen kemudian dibiarkan selama beberapa waktukarena bahan kulit memiliki tekstur yang halus jadi harus berhati-hati.
  • Jadi, ketika mencucinya jangan merendam sepatu kulit Anda tapi cukup dengan menggunakan spons halus yang dicelupkan ke air untuk membersihkan bagian-bagian yang kotor saja. Pastikan juga spons yang digunakan aman untuk permukaan sepatu kulit Anda yang halus agar tidak membuat goresan yang justru akan merusak sepatu.
  • Gosok secara perlahan pada bagian yang kotor dan jika kotoran cukup membandel dan Anda perlu menggunakan sabun, sebaiknya pilihlah sabun dengan formula yang lembut dan jangan menggunakan detergen bubuk karena detergen memiliki kandungan yang cukup keras dan dapat merusak bahan kulit sepatu Anda. Jika memang harus menggunakan detergen, sebaiknya pilihlah detergen cair saja. Tapi untuk amannya sebaiknya gunakan shampoo atau sabun mandi cair untuk membantu menghilangkan kotoran yang menempel secara maksimal.
  • Ketika menjemur pastikan jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung apalagi ketika matahari sedang terik-teriknya karena panas matahari dapat membuat bahan kulit pada sepatu Anda menjadi kering yang kemudian akan mengkerut dan akhirnya pecah-pecah.
  • Pastikan sepatu Anda kering sempurna sebelum disimpan. Untuk memastikannya, masukkan beberapa lembar kertas korang di dalam sepatu Anda ketika menjemurnya. Hal ini dapat membantu memastikan bahwa bagian dalam sepatu kulit Anda juga kering sempurna karena sepatu yang lembab tak hanya dapat merusak bahan kulit yang sensitif tapi juga akan mengeluarkan bau yang kurang sedap.
Silahkan Share Dan Semoga Bermanfaat

    Leave a Comment