Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor di Musim Mudik Tahun 2018

Tol yang dibangun oleh Presiden Jokowi sudah dapat menghubungkan jalur dari jakarta sampai surabaya, ini akan sangat mengutungkan pemudik ditahun 2018 ini, namun seperti halnya tol lainya, bahwa tol hanya bisa digunakan oleh pengguna transportasi roda 4. Bagi anda yang ingin mudik dengan menggunakan sepeda motor harus mempersiapkan beberapa tips yang nantinya akan memperlancar perjalanan anda yang jauh.

Motor sebenarnya tidak diperuntukan untuk perjalanan jauh, apalagi harus berboncengan dengan keluarga kecil kita, Maka dari itu savety riding harus anda perhatikan dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda contoh untuk perjalanan mudik anda yang jauh.

  • Ingat ! bahwa motor hanya diperuntukan untuk 2 penumpang saja.
    bila anda mudik menggunakan motor namun tetap memaksakan jalan dengan 3 atau 4 penumpang dalam 1 motor , maka itu akan membahayakan diri anda sendiri, disamping itu peraturan pemerintah sudah jelas, bahwa motor yang melebihi beban muatan akan ditilang. Pemerintah dan swasta sudah menyediakan beberapa pilihan transportasi mudik seperti pesawat, kereta api, bus, hingga kapal laut untuk mengangkut pemudik dari ibu kota ke daerah.
  • Persiapkan Kendaraan anda agar prima dalam perjalanan.
    Merawat motor merupakan sesuatu yang wajib, biasanya dapat kita lakukan 2 bulan sekali minimal ganti oli. Jika kita akan bepergian jauh, lebih baik untuk mendatangkan montir atau datang ke bengkel motor untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraan kita. tidak lupa menyiapkan beberapa obeng atau kunci penting apabila nantinya kendaraan kita mogok dijalan. Ban yang kami sarankan adalah ban jenis tubeles, karena ban jenis ini lebih aman digunakan dari pada menggunakan ban dalam. Kamu juga bisa menggunakan cairan anti bocor sehingga tidak menyita waktu untuk menambal saat dalam perjalanan.
  • Bawa Perlengkapan Perlindungan Diri.
    Beberapa perlengkapan perlindungan diri adalah helm, kaos tangan, jaket, P3K, serta deker kaki atau tangan. GPS juga merupakan perlengkapan perlindungan diri, GPS akan dapat membantu anda apabila anda salah jalan dan tersesat. biasanya di semua smartphone sudah tersedia google map.
  • Antisipasi Cuaca yang tidak bersahabat.
    Menuju ketempat yang kita rindukan memang begitu berat. semua itu dapat kita lalui dengan baik bila kita mempersiapkan segala hal dengan matang, termasuk cuaca yang tidak dapat diprediksi. Mantol adalah jawaban dari segala masalah ketika cuaca sedang turun hujan.
  • Olahraga dengan rutin sebelum mudik
    Berolahraga dapat membantu fisik kita agar lebih tangguh dan kuat dalam menjalani perjalanan mudik.
  • Patuhi rambu-rambu lalu lintas.
    Sebagai warga negara yang baik, dan demi keselamatan bersama. Sebaiknya kita harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas, angka kecelakaan di musim mudik masih tinggi, itu karena kurang sadarnya pemudik dalam berkendara. Jika tidak dari kita sendiri yang memulai lalu siapa ?
Silahkan Share Dan Semoga Bermanfaat

    Leave a Comment