cara menggunakan setrika uap, setting dan cara penggunaan alas setrika

Biasanya setiap usaha laundry menggunakan setrika uap, Tidak semua orang bisa menggunakan setrika uap, karena pengaturan dan tata caranya yang berbeda dari setrika listrik yang sering kita pakai, berikut ini adalah cara menggunakan setrika uap, setting dan cara penggunaan alas setrika.

Keringkan Pakaian

  • Sebelum memasukkan pakaian lembab Anda ke dalam pengering, kibaskan dahulu beberapa kali. Hal ini akan membantu menghilangkan kusut agar tetap rapi pada proses pengeringan.
  • Pilih siklus pengeringan singkat selama kurang lebih lima menit, kemudian jemurlah hingga kering. Teknik ini akan membuat proses menyetrika menjadi lebih singkat, karena pada umumnya di tahap ini pakaian Anda sudah cukup bebas dari kerutan dan lipatan
  • Jika Anda akan menggantung pakaian di rak pengering, Anda dapat menggunakan siklus putaran ekstra (jika mesin cuci Anda mempunyai fungsi ini), untuk menghilangkan air berlebih. Lalu, kibas pakaian Anda dan rapikan lipatan atau kerutan sebelum menggantungnya di rak pengering
  • Jika Anda akan menggunakan setrika uap, gunakan pada pakaian lembab untuk hasil terbaik. Keluarkan pakaian dari mesin pengering setelah lima menit dan mulailah menyetrika.
  • Biasakanlah menyetrika pakaian Anda sesegera mungkin setelah dikeringkan. Jika dibiarkan di keranjang cucian, perlahan pakaian akan membuat kerutan dan menjadi lecek.

Cara Terbaik untuk Menggunakan Setrika Uap dan Alas Setrika

Berikut beberapa tips berguna dari Rinso Matic untuk menyetrika pakaian Anda:

  • Setrika uap melakukan tugas lebih baik untuk menghilangkan kerutan atau kusut di pakaian jika dibandingkan dengan setrika pada umumnya. Memiliki setrika jenis ini akan menghemat waktu Anda.
  • Setrika uap vertikal akan menghemat lebih banyak waktu Anda karena tidak perlu membolak-balik pakaian pada saat menyetrika dengan alas setrika. Namun, kekurangan dari setrika jenis ini adalah perlu ruang yang cukup besar dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dipanaskan (sekitar empat menit atau lebih) jika dibandingkan dengan setrika biasa.
  • Saat menyetrika tumpukan baju yang banyak, pilihlah baju dengan bahan yang halus atau sensitif terlebih dahulu. Bahan-bahan jenis ini harus disetrika dengan suhu yang lebih rendah. Karena setrika menaikkan suhu lebih cepat daripada menurunkannya, akan lebih cepat untuk beralih dari bahan yang halus ke bahan katun.
  • Teknik terbaik saat menyetrika adalah dengan gerakan menjauh dari tubuh Anda untuk menghindari kembali membentuk kerutan saat Anda tidak sengaja bersandar ke pakaian.
  • Jika ada bagian tertentu yang susah untuk disetrika, semprotkan sedikit air ke daerah yang akan disetrika terlebih dahulu. JIka Anda mempunyai setrika uap, Anda dapat menggunakan pengaturan uap untuk merapikannya.

Dengan tips ini, menyetrika tumpukan pakaian tidak lagi merepotkan, sehingga Anda bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk keluarga. Selamat mencoba!

Silahkan Share Dan Semoga Bermanfaat

    Leave a Comment