Modal usaha laundry dan peralatan laundry kiloan yang wajib

Berapa modal untuk memulai bisnis laundry kiloan dan apa saja peralatan yang dibutuhkan? Pertanyaan ini sering saya dengar baik di facebook, di telpon dan juga di obrolan warung kopi.

Kepastian mendapat berapa angka yang dibutuhkan, memang sangat dibutuhkan para calon penguasa laundry kiloan untuk mengukur sejauh mana kemampuan finanasial sebagai modal awal, juga sejauh mana mengukur efektifitas usaha antara biaya yang dikeluarkan serta hasil yang akan didapat.

Namun demikian, menjawab secara pasti jumlah sekian rupiah untuk modal usaha laundry, tentu saja sulit. Karena menyangkut perlengkapan laundry apa yang dibutuhkan, bagaimana alat yang akan disediakan sehingga berpengaruh terhadap besar kecilnya investasi di bisnis ini.

Ada juga memang, dari beberapa  penjual perlengkapan alat laundry kiloan yang sudah menentukan harga. Misalnya mulai paket Rp25 juta, Rp50 juta hingga Rp150 juta, belum termasuk biaya sewa atau tempat.

Jika dicermati, terjadi perbedaan harga paket tersebut karena jumlah perlengkapan dan kualitas perlengkapan. Bisa jadi, peket mesin satu set, mesin cuci frot loading  dryer dan setrika dengan merek A hanya Rp25 juta  namun jika membeli B dengan spesifikasi yang sama lebih mahal atau lebih murah.

Dengan demikian jika menjawab berapa modal yang dibutuhkan, harus dilihat dulu apa yang akan dibeli sebagai investasi awal usaha laundry ini.  Yang penting anda harus memperhatikan, perlengkapan yang benar-beanr dibutuhkan, apalagii dengan anggaran terbatas.

Sebagai gambaran, berikut ini perlengkapan yang wajib diadakan dalam memulai bisnia laundry kiloan bisa diadakan sekeligus atau dicicil.

1.Mesin cuci.

Sebaiknya semua jenis mesin cuci anda miliki. Baik mesin cuci font loading, top loading dan juga dua tabung. Fungsi masing-masing sangat bermanfaat sesuai jenis cucian yang akan dikerjakan.

2.Mesin pengering (driyer).
Proses pengeringan pakaian dapat dilakukan dengan panas matahari, dijemur seperti penjemuran biasa.  Namun driyer atau mesin pengering pakaian sangat membantu jika musim hujan. Dryer menjadi andalan. Jenisnya tergantung kecocokan anda. Apakah dryer rotary  atau jenis mesin pengering blower.

3.Setrika.
Terserah anda mau menggunakan setrika uap ataupun setrika biasa. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

4.Gantungan baju.
Hanger sangat berguna untuk menggantung pakaian saat dijemur supaya tidak kusut juga menghemat ruang jemuran.

5.Top Gun
Fungsinya sebagai alat memberi label pada setiap helai pakaian supaya tidak tertukar saat poroses pencucian. Top gun ada yang besar ada yang kecil.

6.Jerigen pakaian

Jerigen berfungsi sebagai wadah ketika pakaian akan dicuci atau setelah dicuci.  Jumlah jerigen sesuai kebutuhan anda. Bisa hanya 3 hingga tak terbatas.

7.Timbangan
Sebaiknya menggunakan timbangan elektronik. Selain leibih akurat juga terlihat lebih bagus. Namun demikian, yang penting anda memiliki timbangan yang akurat untuk menimbang setiap pakaian yang masuk ke tempat usaha laundry anda.

Perlengkapan laundry di atas, setidaknya alat minimal yang mesti anda miliki ketika mulai bisnis laundry. Akan tetapi jika betul-betul anda modal nekat, asal anda bisa mencuci dan menyetrika, kemudian pakaian dikemas dengan baik, itu artinya anda sudah bisa memulai bisnis laundry.

Ingat kata para pesohor di bidang bisnis, mulai usaha jangan menuggu perlengkapan lengkap, namun mulai apa yang kita miliki. Usaha juga jangan terlalu hitung-hitungan. Salah-salah, usah anda tak pernah mulai, sementara waktu terus bergulir dan pesaing anda sudah lari kencang meninggalkan anda.

Maka yang terpnting dalam memulai bisnis laundry juga bisnis lainnya, mulai, mulai, mulai dan kerjakan. Masalah pasti muncul dan itu tandanya usah mulai berjalan.

Silahkan Share Dan Semoga Bermanfaat

    Leave a Comment