Kesalahan Strategi Promosi Dalam Usaha

Kesalahan Strategi Promosi Dalam Usaha

Mencapai kesuksesan dalam bisnis ada kalanya bukan menjadi hal yang mudah. Seringkali berbagai rintangan menghalangi seseorang dalam berbisnis. Ada banyak kendala yang sering dijumpai seorang pebisnis, salah satunya dalam hal promosi. Seringkali seorang pengusaha, terlebih pemula, belum memiliki strategi pemasaran yang efektif sehingga mereka menjadi sulit memperoleh calon pelanggan. Berikut ini akan diulan beberapa kesalahan strategi promosi dalam usaha agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama dalam bisnis Anda :
1.Kurangnya pemahaman tentang cara promosi yang efektif
Terkadang pengusaha kurang memahami mengenai cara promosi yang efektif. Karena hal itulah menjadikan kegiatan promosi yang tidak efektif hanya menghabiskan biaya tanpa mendapatkan feedback yang positif. Oleh karenanya sangat penting untuk memperhatikan strategi promosi yang akan diberlakukan. Apalagi seiring dengan kemajuan teknologi saat ini ada banyak sekali media yang dapat dimanfaatkan untuk berpromosi secara gratis. Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk Anda. Sosial media menjadi salah satu media promosi yang populer karena efektifitasnya menjangkau calon konsumen dan cenderung minim biaya.
2.Promosi yang tidak menjangkau emosi pelanggan
Kesalahan berikutnya adalah strategi promosi yang hanya melulu menonjolkan kelebihan produk tanpa memperhatikan keinginan ataupun emosi pelanggan. Hal ini mengakibatkan konsumen tidak tertarik dengan penawaran yang disampaikan. Akan lebih efektif ketika Anda memaparkan kelebihan produk yang mana kelebihan tersebut menjadi solusi bagi kebutuhan konsumen. Akan lebih efektif lagi jika dikemas dengan bahasa penawaran yang menarik. Dengan demikian konsumen, bahkan yang tadinya tidak memiliki niat untuk membeli, akan menjadi tertarik untuk membeli produk Anda.
3.Tidak melakukan evaluasi
Setiap kegiatan promosi yang dilakukan hendaknya dievaluasi. Anda harus mengamati tingkat efektifitas strategi promosi dan melakukan pengujian langsung apakah strategi tersebut berjalan lancar atau tidak. Apabila pengusaha tidak pernah melakukan evaluasi secara rutin maka tidak akan dapat mengetahui strategi promosi mana yang paling efektif.
4.Menginginkan semua serba instan
Kebanyakan pebisnis pemula menginginkan penjualan optimal dengan menempuh satu langkah promosi yang serba instan. Tentunya hal tersebut tidak selalu sesuai dengan kondisi di lapangan, dimana seorang pebisnis dituntut untuk menjalankan promosi secara step by step , mulai dari menentukan segmentasi pasar, membangun hubungan yang baik dengan konsumen hingga memberikan solusi yang tepat bagi pelanggan Anda.
Dengan menyeseuaikan kemampuan dan kebutuhan perusahaan, diharapkan strategi promosi yang dijalankan dapat menghasilkan omset penjualan yang optimal.

Silahkan Share Dan Semoga Bermanfaat

    Leave a Comment