Masak Sayuran Berikut Untuk Meningkatkan Nutrisi

Mengkonsumsi sayuran segar baik karena gizi dari sayuran tersebut masih alami. Tetapi tahukah Fresher, beberapa sayuran justru akan meningkat kadar nutrisinya setelah dimasak.

Seperti dikutip dari health.kompas.com, Rui Hai Liu seorang profesor ilmu makanan di Cornell University menyatakan bahwa:
“Dulu orang menganggap memasak bisa menurunkan kadar nutrisi dalam sayuran jika dibandingkan dengan yang segar. Tapi hal itu tak selalu benar,” Ia menjelaskan, banyak nutrisi dalam sayur dan buah yang terikat di dinding sel. “Proses memasak membantu melepaskannya, sehingga nutrisi itu lebih gampang diserap tubuh,” kata profesor yang meneliti tentang efek panas pada makanan ini.

Berikut adalah beberapa sayuran yang sebaiknya dimasak dulu sebelum dikonsumsi.

– Tomat
Apakah itu dipanggang, goreng, atau ditumbuh halus menjadi saus spageti, proses pemanasakan akan meningkatkan fitokimia dalam tomat, yakni likopen. Zat ini terbukti bisa menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. Likopen adalah zat yang memberi warna merah pada tomat.

Menurut penelitian yang dilakukan Liu tahun 2002, pemanasan tomat selama 30 menit di suhu 80 derajat celcius akan meningkatkan level penyerapan likopen sampai 35 persen. Walau pemasakan akan menurunkan kadar vitamin C, tapi bisa meningkatkan kemampuan antioksidannya sampai 62 persen.

– Bayam
Sayuran berdaun hijau ini sangat kaya nutrisi, tetapi tubuh kita akan menyerap lebih banyak kalsium dan zat besi di dalamnya jika bayam sudah dimasak. Ini karena bayam mengandung asam oksalat yang bisa menghambat penyerapan zat besi dan kalsium tetapi akan dipecah di bawah suhu tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan, merebus bayam di air mendidih lalu menyiraminya dengan air dingin bisa menurunkan kadar oksalat sampai 40 persen.

– Wortel
Proses pemasakan akan memunculkan karotenoid, zat pelawan kanker, di dalam wortel. Studi tahun 2008 menunjukkan bahwa merebus wortel sampai agak lembek akan meningkatkan konsentrasi karotenoid sampai 14 persen. Sementara itu menggorengnya bisa menurunkan kadar karotenoid sekitar 13 persen.

– Asparagus
Studi tahun 2009 menyebutkan, memasak akan meningkatkan level 6 nutrisi penting di dalam asparagus sampai 16 persen. Salah satu dari zat tersebut adalah asam phenolic yang bisa menurunkan risiko kanker.

– Jamur
Secangkir jamur yang dimasak memiliki kandungan niacin, potasium, magnesium, zinc, dua kali lipat dibanding versi mentahnya. Selain itu, terkadang jamur mentah bisa mengandung sedikit racun sehingga memang perlu dimasak.

Silahkan Share Dan Semoga Bermanfaat

    Leave a Comment

    paket usaha laundry, paket usaha laundry koin, paket usaha laundry bandung, paket usaha laundry sepatu, paket usaha laundry surabaya, paket usaha laundry solo, paket usaha laundry malang, paket usaha laundry medan, paket usaha laundry bogor, paket usaha laundry kiloan bekasi, paket usaha laundry murah, paket usaha laundry kiloan, paket usaha laundry batam, paket usaha laundry bali, paket usaha laundry kiloan bandung, paket usaha laundry di bandung, paket usaha laundry di bali, paket usaha laundry di bekasi, paket buka usaha laundry, paket usaha laundry cirebon, cicilan paket usaha laundry, paket usaha laundry di medan, paket usaha laundry di jakarta, paket usaha laundry di solo, paket usaha laundry di surabaya, paket usaha laundry di semarang, paket usaha laundry di makassar, paket usaha laundry di jogja, paket usaha laundry depok, paket usaha laundry ekonomis, paket usaha laundry simply fresh, paket usaha laundry hotel, paket usaha laundry helm, harga paket usaha laundry kiloan, harga paket usaha laundry, harga paket usaha laundry karpet, paket usaha laundry jakarta, paket usaha laundry jogja, paket usaha laundry kiloan jakarta, paket usaha laundry murah jakarta, paket usaha laundry 10 jutaan, paket usaha laundry murah di jakarta, jual paket usaha laundry kiloan, paket usaha laundry kiloan murah, paket usaha laundry kiloan surabaya, paket usaha laundry kredit, paket usaha laundry karpet, paket usaha laundry karawang, paket usaha laundry kiloan makassar, paket usaha laundry kiloan jogja, paket usaha laundry makassar, paket usaha mesin laundry, paket usaha laundry kiloan medan, paket usaha laundry profesional, paket usaha laundry pekanbaru, paket usaha parfum laundry, paket usaha laundry rumahan, paket usaha raja laundry, paket usaha raja laundry surabaya, paket usaha laundry semarang, paket usaha laundry termurah, paket usaha laundry tangerang, paket untuk usaha laundry, paket usaha laundry yogyakarta, paket usaha laundry 2017, paket usaha laundry 2016, paket usaha laundry 2015, paket usaha laundry kiloan 2015